M Mediatisasi Hadis: Transformasi Interpretasi Dalam Era Digital
Mediatiasasi Hadis | Penggunaan hadis dalam media sosial | Interpretasi hadis di media sosial | Implikasi dan tantangan
DOI:
https://doi.org/10.35719/amn.v10i1.66Keywords:
Mediatisasi Hadis, Transformasi dan Interpretasi Hadis, Hadis Dhaif, Era DigitalAbstract
Media sosial tidak hanya menjadi ruang hiburan bagi pegiat entertainment, namun media sosial juga menjadi ruang kebebasan berekspresi, kebebasan berargumen dan menyampaikan suatu pesan, khususnya dalam konteks kajian hadis. Penelitian ini akan menyajikan transformasi interpretasi hadis di era digital. Metode yang digunakan ini adalah jenis kepustakaan, data-data didapatkan melalui penelitian berupa buku, artikel, jurnal kemudian menganalisisnya menggunakan pendekatan mediatisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, media sosial telah menjadi platform utama bagi penyebaran, interpretasi, dan pemahaman terhadap hadis dalam masyarakat modern. Fenomena ini mencerminkan pergeseran dalam cara masyarakat mengakses dan berinteraksi dengan informasi keagamaan, dengan media sosial menjadi saluran yang efektif untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan, termasuk hadis.
Downloads
References
A’yun, Fathimah Nadia Qurrota. “Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Jihad.” Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 9, no. 1 (2020): 32.
Abdullah, Irwan. “Di Bawah Bayang-Bayang Media: Kodifikasi,Divergensi, Dan Kooptasi Agama Di Era Internet.” Sabda 12, no. 2 (2017).
Al-Ayyubi, M. Zia. “Etika Bermedia Sosial Dalam Menyikapi Pemberitaan Bohong (Hoax) Perspektif Hadis.” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis 19, no. 2 (2018).
Fahrimal, Yuhdi. “Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial.” Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan 22, no. 1 (2018).
Ghifari, Muhammad. “Strategi Efektif Dalam Mencegah Penyebaran Hadis Palsu Di Media Sosial.” The International Journal of Pegon : Islam Nusantara civilization 9, no. 01 (2023): 103–122.
Jinan, Mutohharun. “New Media Dan Pergeseran Otoritas Keagamaan Islam Di Indonesia.” Jurnal Lektur Keagamaan 10, no. 1 (2012). www.baylor.edu.,.
Kamaruddin, K, and N Nurdin. “New Ways of Hadith Learning: The Case of Hadith Memes Distribution Among Indonesia Young Ulama.” The Saybold Report (2022).
Lesmana, Robby Putra Dwi, and Muhammad Syafiq. “Fanatisme Agama Dan Intoleransi Pada Pengguna Media Sosial.” Character : Jurnal Penelitian Psikologi 9, no. 3 (2022): 36–49.
Mustika, Rieka. “Analisis Framing Pemberitaan Media Online Mengenai Kasus Pedofilia Di Akun Facebook.” Jurnal Penelitian Komunikasi 20, no. 2 (2017).
Ni’ami, Mohammad Fauzan, Umi Sumbulah, and Moh Irfan. “Resepsi Hadis-Hadis Nafkah Dalam Media Sosial: Studi Terhadap Konten Youtube @FaqihAbdulKodir.” 2Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis 13, no. 2 (2023).
Nurfaizi, Rizal, and Hasan Basri Tanjung. “STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Pada Akun Instagram Mazlem.Id).” KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 3 (2022): 2828–6863.
Pangestu, Perdana Putra. “Efektivitas Dakwah Hadis Dalam Media Sosial: Analisis Atas Teori Framing Robert N. Entman.” Jurnal Dakwah dan Komunikasi 6, no. 1 (2021).
Saefudin, Maulana Wahyu, Agus Suyadi Raharusun, and Muhamad Dede Rodliyana. “Konten Hadis Di Media Sosial: Studi Content Analysis Dalam Jejaring Sosial Pada Akun Lughoty.Com, @RisalahMuslimID, Dan @thesunnah_path.” Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin 2, no. 1 (2022): 19–49.
Shari, Mira Fitri. “Bentuk Mediatisasi Hadis Berupa Video :Respon Netizen Terhadap Video Pendek Mengenai Hadis Di Aplikasi Tiktok.” Moderasi: the Journal of Ushuluddin and Islamic Thought, and Muslim Societies 1, no. 2 (2021): 170–184.
Sosiawan, Edwi Arief. “Penggunaan Situs Jejaring Sosial Sebagai Media Interaksi Dan Komunikasi Di Kalangan Mahasiswa.” Jurnal Ilmu Komunikasi 9, no. 1 (2020): 60–75. www.december.com/cmc/mag//jan/ferris/html.
Syamim, Muhammad. “Mempertingkatkan Penyampaian Al-Quran Dan Hadis Mengikut Perkembangan Teknologi Era Globalisasi” (2023).
Triputra, Pinckey. “Mediasi Dan Mediatisasi.” Jurnal Komunikasi Indonesia 03, no. 02 (2014).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rofiatul Ubaidillah, Muhammad Afda Nahied
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.