Penerapan Iqro’ bil Qolam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Puteri Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/amn.v7i1.7Abstract
Sejauh ini, sosialisasi dalam bingkai pembelajaran Al-Qur’an baru “populer” sebatas kefasihan lisan. Namun jika melihat eksistensi al Qur’an yang lapisan kedalamannya tidak terhingga, maka kemampuan melafadzkan al-Qur’an secara fasih saja tentu belum cukup. Seseorang yang sudah sampai pada kemampuan membaca al-Qur’an dengan fasih, maka juga perlu dilanjutkan dengan kemampuan menulisnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana latar belakang penerapan Iqro’ bil Qolam di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ash-Shidiqi Putri jember? 2)Bagaimana penerapan metode Iqro’ bil Qolam di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ash-Shidiqi Putri jember? 3) Apa implikasi penerapan Iqro’ bil Qolam dalam pengembangan baca tulis al-Qur’an di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ash-Shidiqi Putri jember? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis deskriptif. Dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dalam rangka penerapan Iqro’ bil Qolam di Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren ash-Shiddiqi Puteri Jember adalah: 1) Latar belakang penerapannya bermula dari ide pengasuh Pondok Pesantren ash-Shiddiqi Puteri Jember, pengasuh melihat bahwa kemampuan siswi madrasah Aliyah dalam hal menulis huruf Arab sangat rendah 2) Guru menyuruh untuk mulai menulis, menulis huruf arab dari kanan ke kiri, menulis dengan mengikuti bentuk garis huruf arab, penulisan dari atas ke bawah, huruf yang berada di atas garis gerakannya serarah jarum jam, huruf yang berada di bawah garis gerakan menulisnya berlawanan dengan arah jarum jam, mengoreksi kebenaran tulisan, istiqomah. 3) implikasinya memiliki karakter tulisan Arab yang rapi, indah, baik dan benar, serta kemampuan membaca al-Qur’an sangat baik, bahkan cenderung meiliki ingatan yang kuat dan semakin baik khususnya dalam menghafal ayat-ayat al-Qur an.
[So far, socialization in the frame of learning the Al-Qur'an has only been "popular" to the extent of oral fluency. However, if you look at the existence of the Qur'an whose layers of depth are infinite, then the ability to recite the Qur'an fluently is certainly not enough. Someone who has arrived at the ability to read the Qur'an fluently, it is also necessary to continue with the ability to write. The focus of the research in this thesis are: 1) What is the background for the application of Iqro 'bil Qolam in Madrasah Aliyah at the ash-Shidiqi Putri Islamic Boarding School in Jember? 2) How is the application of the Iqro 'bil Qolam method at Madrasah Aliyah at the ash-Shidiqi Putri Islamic Boarding School in Jember? 3) What are the implications of implementing Iqro 'bil Qolam in the development of reading and writing the Qur'an at Madrasah Aliyah at the ash-Shidiqi Putri Islamic Boarding School in Jember? The method used in this research is qualitative and descriptive type. From this analysis, it can be concluded that in the context of implementing Iqro' bil Qolam in Madrasah Aliyah at the ash-Shiddiqi Islamic Boarding School Puteri Jember, there are: 1) The background of the implementation stems from the idea of the caregivers of the ash-Shiddiqi Islamic Boarding School Puteri Jember, the caregivers see that the ability of the madrasah students Aliyah in terms of writing Arabic letters is very low 2) The teacher tells her to start writing, write Arabic letters from right to left, write by following the line of Arabic letters, writing from top to bottom, the letters above the line move clockwise, the letters which is under the line of the writing movement counterclockwise, corrects the correctness of the writing, istiqomah. 3) the implication is that it has Arabic characters that are neat, beautiful, good and correct, and the ability to read the Qur'an is very good, it even tends to have a strong and better memory, especially in memorizing verses of the Qur'an.]
Downloads
References
Boby dkk. 1999. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Farzain. 2012. Al-Qur’an Bil Qolam. Klaten : Sahabat.
Haryono dan Suyono. 2011.Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya,.
Human, As’ad. 2000. Cara Cepat Membaca al-Qur’an, AMM.Yogyakarta : Balai Litbang LPTQ Nasional Teman Tadarus.
Mansyur, Mdkk. 2007. Metodologi Penelitian Living Qur’an danHadis. Yogyakarta :Teras.
Shanhaji, Bashori. 2016. Guru Ngaji Langgar. Surabaya : Muara Progresif Surabaya.
Syaodih,Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2010.Konsep dan Panduan Teknis Penulisan Qur an Tulis Iqro’ Bil Qolam. Jakarta : Laboratorium Tarbiyatul Alamiin.
Tim Penyusun. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Menulis Follow The Line. Tangerang: Yasinamal.
Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
_________. 2012. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta : Bumi Aksara.
Zarkasyi. 1987. Merintis Qiroaty Pendidikan TKA. Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Safruddin Edi Wibowo, Nurfadilah Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.